Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Dandim 0823/Situbondo Kunjungi 2 Posko Kampung Pancasila Desa Bayeman dan Jangkar

SITUBONDO - Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P. Kunjungi 2 Posko Kampung Pancasila Desa Bayeman dan Jangkar Kab. Situbondo. Rabu (16/03/2022). 

Bertempat di dua wilayah kecamatan yang berbeda, kunjungan Dandim dilaksanakan diantaranya di Kampung Pancasila Dusun Dawuhan, Desa Banyeman, Kec. Arjasa, Kab. Situbondo dan yang kedua di Kampung Pancasila Kp. Beringin, RT.002/RW.002, Desa Jangkar, Kec. Jangkar, Kab. Situbondo.

Dilaksanakan kegiatan Kunjungan Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P dalam rangka peninjauan Kampung Pancasila. Dalam kegiatan kunjungannya yang terletak di wilayah Kec. Arjasa tersebut dihadiri oleh sekitar kurang lebih 30 orang dengan penanggung jawab kegiatan Danramil 0823/09 Jangkar, Kapten Inf Sunaryo. 

Dalam kunjunganya di kampung Pancasila di Kp. Beringin, RT.002/RW.002, Desa Jangkar,
Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P. bersama rombongan disambut oleh, Danramil 0823/09 Jangkar, Kapten Inf Sunaryo beserta anggota, Kanit Binmas Polsek Jangkar, Iptu H. Mohammad Arief beserta anggota, Camat Jangkar, Hariyus Slamet Kaunang Sinolungga Sasmorik, S.Stp, M.Si beserta Staf, Sekdes Jangkar, Ferdiansyah, Kepala Dusun Beringin, Irwan beseta ketua RT, Pelopor Kampung Pancasila, Suntandi, S. Sos., Kawilker Syahbandar Jangkar, Fauzan, S.Sos., Pos Kamla TNI AL Jangkar, Kopka Supriyadi dan Kopda Mar Fendos, Ka PKM Jangkar, Hj. Farida, S.St beserta staf serta Para Toga dan Tomas Ds. Jangkar. 

Dalam laporan pelaksanaan Kampung Pancasila oleh Ketua Pelopor Suntandi, S. Sos. yang intinya, "Kami ucapkan selamat datang kepada Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P. di Kampung Pancasila Kp. Beringin, RT.002/RW.002, Ds. Jangkar, Kec. Jangkar, Kab. Situbondo".

Kami sampaikan dukungan dan apresiasi serta ucapan terima kasih dengan adanya program pencanangan Kampung Pancasila yang sangat bermanfaat ini. Hal tersebut setidaknya bisa mengulas kembali tata cara berkehidupan yang sesuai dengan butir-butir yang ada pada Pancasila seperti keagamaan, kerakyatan, persatuan dan keadilan

Ini merupakan langkah yang sangat positif dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila. Dengan adanya program Pancasila ini harapanya, kita semua bisa hidup saling bertoleransi, rukun, damai berdampingan.

Sambung sambutan sekaligus pengarahan oleh Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P yang intinya , "Terima kasih saya ucapkan kepada Forkopimka dan seluruh para undangan yang hadir disini maupun yang tidak hadir atas dukungannya dalam pembentukan Kampung Pancasila ini. Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat".

"Saya ingin menegaskan dan mengingatkan kembali maksud dan tujuan dibentuknya dan sampai diadakan lomba Kampung Pancasila. Pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman." Pungkaa Dandim 0823

"Harapannya dengan dibentuknya dan sampai diadakan lomba Kampung Pancasila akan mengembalikan jiwa persatuan kita seperti diantaranya meningkatkan kerukunan dan sikap toleransi antar umat beragama, melestarikan nilai yang terkandung dalam butir Pancasila, menciptakan kerukunan terhadap umat beragama, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama dan mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya". Tambah Dandim 0823

Dengan hadirnya Kampung Pancasila ini, sangat berpeluang untuk menular ke desa-desa lain di sekitar wilayah Kec. Jangkar, sehingga pencegahan paham radikalisme dan intoleransi yang diharapkan bisa terwujud.

Pembentukan Kampung Pancasila ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap rasa dan jiwa nasionalisme, bela negara serta cinta tanah air generasi muda di tengah serbuan informasi di era digital saat ini. (Pen/23) 

Posting Komentar

0 Komentar