Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Danramil 0823/16 Sumbermalang Cek Lahan Pertanian Terdampak Banjir

SITUBONDO - Danramil 0823/16 Sumbermalang Cek Lahan Pertanian Terdampak Banjir di wilayah aliran sungai Dluwang, Ds. Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo, Kec. Sumbermalang, Kab. Situbondo. Rabu (16/03/2022) 

Danramil 0823/16 Sumbermalang Letda Inf Agus Riyadi Cek lahan pertanian terdampak banjir bandang yang bertempat di wilayah aliran sungai Dluwang Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo Kec. Sumbermalang.

Pengecekan dilakukan oleh unsur Muspicam dan anggota yang lain diantaranya, Ws. Danramil 0823/16 Sumbermalang Letda Inf Agus Riyadi beserta anggota, Camat Sumbermalang di wakili Staf, Kapolsek Sumbermalang di wakili Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo beserta Perangkat Desa dan Personel Tagana wilayah Kec. Sumbermalang.

Ws. Danramil 0823/16 Sumbermalang Letda Inf Agus katakan bahwa di wilayah Kec. Sumbermalang khususnya Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo kondisi cuaca berawan (tidak ada hujan). Sekitar pada pukul 19.30 di aliran sungai Dluwang yang melintasi sekitar Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo terjadi banjir bandang secara tiba-tiba.

Beruntung saat kejadian banjir bandang tersebut tidak ada warga yang berada di aliran sungai Dluwang karena posisi rumah jauh dari aliran sungai, sehingga warga dalam keadaan aman dan selamat.

Tapi untuk hari ini aliran sungai Dluwang yang terjadi banjir bandang sudah mengalir normal kembali. Kami bersama Forkopimka dan perangkat Desa serta Tim Tagana Wilayah Kec. Sumbermalang berangkat ke lokasi aliran sungai Dluwang. Dilokasi aliran sungai Dluwang dan disambut oleh Kades dan Perangkat Desa setempat selanjutnya langsung melaksanakan pengecekan lokasi aliran sungai Dluwang yang terdampak banjir bandang.

Letda Agus juga sebutkan kerugian yang ditimbulkan akibat banjir bandang tersebut
bahwa lahan pertanian milik warga disekitar aliran sungai Dluwang sekitar 63 hektar rusak berat (mengalami gagal panel).

Jembatan alternatif semi permanen yang terbuat dari bambu yang menghubungkan gunung arak-arak Kab. Bondowoso dan Desa Sumberargo Kab. Situbondo rusak berat (jebol).

Kami bersama rombongan mendatangi lokasi kejadian aliran sungai Dluwang dan sekitarnya untuk melaksanakan pengecekan dan pendataan bersama instansi terkait.
Menghimbau ke warga Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo untuk selalu barhati-hati dan waspada karena musim penghujan/cuaca ekstrim masih berlangsung. Berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pengajuan bantuan ke Pemerintah Daerah Kab. Situbondo kepada warga yang terdampak banjir bandang. (Pen/23) 

Posting Komentar

0 Komentar