Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Kodim 0823/Situbondo Gelar Penanaman 1500 Pohon Mangrove Secara Serentak Jajaran Kodam V/Brawijaya

SITUBONDO - Kodim 0823/Situbondo Gelar Penanaman 1500 Pohon Mangrove Secara Serentak Jajaran Kodam V/Brawijaya di Pantai Wisata Kampung Blekok Desa Klatakan, Kec. Kendit Kab. Situbondo. Jumat (04/03/2022). 

Bertempat di areal Pantai Wisata Kampung Blekok Dsn. Pesisir Timur RT 01 RW 02 Ds. Klatakan Kec. Kendit Kab. Situbondo telah dilaksanakan kegiatan penanaman Pohon Mangrove secara serentak Kodam V/Brw Tahun 2022 di wilayah Kodim 0823/Situbondo sebagai penanggung jawab Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P. diikuti kurang lebih 150 orang. 

Hadir dalam kegiatan sebagai berikut, Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P., Bupati Situbondo diwakili Asisten 1 Setda Kab. Situbondo Kholil, S.P., M.P., Kapolres Situbondo diwakili Kasat Sabhara Polres Situbondo AKP Sugeng Wiyono, Kasdim 0823 Situbondo Mayor Inf Sampak, S.Ag., Forkopimka Kendit, Babinsa Klatakan Serda Yudianto, Jajaran Danramil 01 s.d. 17 beserta 2 orang anggota, Perwakilan dari FKPPI, Pramuka Saka Wira Kartika, DLH Situbondo, Dinas Kehutanan, Satpol PP dan Komunitas pecinta Mangrove Situbondo serta masyarakat sekitar Kec. Kendit.
  
Dalam persiapan diawali dengan pelaksanaan apel kegiatan penanaman Pohon Mangrove dimulai, bertindak selaku Pimpinan apel Dandim 0823/Situbondo dan Komandan apel Pasiter Kodim 0823/Situbondo Kapten Inf Hadi Sutjipto. 
 
Dandim selaku Pimpinan acara sampaikan ucapan terima kasih kepada undangan dan seluruh panitia yang telah memperkarsai penanaman pohon mangrove ini. Perlu kita ketahui bahwa saat ini diwilayah Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya telah terjadi bencana alam akibat perkembangan teknologi dan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, untuk itu pada hari ini kita bersama-sama melaksanakan penanaman Pohon Mangrove.

Tujuan dari penanaman Pohon Mangrove yang akan dilaksanakan ini yaitu mencegah intrusi air laut terhadap tanah daratan, diantaranya mencegah, menangkis hempasan air laut ke tanah daratan tepi pantai, mencegah terjadinya abrasi dari gelombang air laut, mengolah dan menyaring limbah air organik maupun kimia ke air laut sehingga kehidupan laut bisa terjaga eksistensinya. Kemudian juga bisa juga sebagai penghalau ataupun pencegah gelombang laut yang besar datang ke daratan dan dapat mengurangi air payau masuk daratan.

Dengan menanam mangrove ini akan terbentuk ekosistem mangrove sehingga tumbuh suatu habitat baru dan berkembang biak biota laut yang dapat memberikan keuntungan pada warga masyarakat pesisir dalam memanfaatkan potensi alam. Kami dari TNI khususnya Kodim 0823 Situbondo berkomitmen akan mendukung program pemerintah, harapannya mengajak masyarakat untuk menumbuhkan sikap dan perilaku yang peka terhadap kelestarian alam khususnya di daerah pantai dan laut.

Ada sekitar kurang lebih 1500 pohon Mangrove yang ditanam di areal seluas 1 Ha di pantai wisata Kampung Blekok dan hari ini juga dilaksanakan dengan acara virtual bersama Pangdam V/Brw kepada jajaran Forkopimda Kota/Kabupaten yang menyelenggarakan penanaman pohon Mangrove.

Semoga kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar, mari kita tanam pohon Mangrove ini dengan penuh semangat, tulus dan rasa cinta terhadap alam semoga tidak mudah terkikis air laut kedepannya dan tumbuh dengan baik.

Lanjut persiapan penanaman pohon Mangrove secara serentak oleh Dandim 0823/Situbondo, Bupati Situbondo diwakili Asisten 1 Setda Kab. Situbondo, Kapolres Situbondo diwakili Kasat Sabhara Polres Situbondo, Forkopimka Kendit dan dilanjutkan acara penanaman pohon Mangrove secara serentak melalui video conference bersama Pangdam V/Brw (Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc) di Ds. Lajing Kec. Arosbaya Kab. Bangkalan.
(Pen/23) 

Posting Komentar

0 Komentar