Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Anggota Koramil 0823/09 Jangkar Bersama Satgas Kesehatan Periksa Ketat Jalur Lalu Lintas Perdagangan Hewan

SITUBONDO - Penyekatan dan pemeriksaan jalur lalu lintas perdagangan hewan ternak dalam rangka Antisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Dermaga Baru Pelabuhan Jangkar Kec. Jangkar Kab. Situbondo. Minggu (05-06-2022)

Dilaksanakan Penyekatan dan pemeriksaan jalur lalu lintas perdagangan hewan ternak dalam rangka antisipasi penyeberan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Dermaga Baru Pelabuhan Jangkar Kec. Jangkar Kab. Situbondo, dihadiri Kapolsek Jangkar (Iptu Budiarto, S.H),Anggota Polsek Jangkar Kasium Polsek Jangkar, Aiptu Sarjono,Ps. Kanit Intelkam Polsek Jangkar, Aipda Anton Hari Wibowo, S.S.Sos,KSPK C Polsek Jangkar, Aipda Putut Eko,Banit Reskrim Polsek Jangkar, Bripka Ferdiansyah, S.H dan Banit Intelkam Polsek Jangkar, Bripda Ali Subroto,drh. Dwi Lestari (Puskeswan Jangkar),Mantri hewan, Evisen Silitonga dan 2 (dua) Petugas Puskeswan Jangkar,Petugas Karantina Situbondo, Mattoso,Polairud 2 Anggota,Koramil Jangkar (Serma Anton) beserta 1 anggota dan 1 (Satu) orang Anggota TNI AL Jangkar,Kepala KSOP Klas IV Panarukan dan anggota dan 2 (dua) Anggota UPTD Dishub Situbondo. 

Batuud Koramil 0823-09 Jangkar Serma Anton menyampaikan bahwa, Petugas melaksanakan Penyekatan dan pemeriksaan terhadap penumpang dan angkutan R2 dan R4 KMP. Satya Kencana yang membawa hewan ternak di depan pintu gerbang dermaga baru Pelabuhan Jangkar Kab. Situbondo. 

Petugas mendapatkan 1 unit truk yang bermuatan hewan ternak jenis kambing Jawa.
Petugas demi pengamanan terpadu melaksanakan koordinasi dan pengecekan terhadap hewan ternak oleh Puskeswan Jangkar. Dilaporkan Kondisi hewan Jenis Kambing Jawa 12 ekor dalam kondisi sehat. Dan dilanjutkan petugas karantina hewan ternak Kab. Situbondo melaksanakan pengecekan hewan ternak.

Serma Anton Iswahyudi juga sampaikan apa yang menjadi penyampaian Kapolsek jangkar Iptu Budiarto SH, yang pada intinya," Agar diperhatikan dan diterapkan betul SOP Pos Terpadu Pemeriksaan Kesehatan Hewan Gugus Tugas Jangkar dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Situbondo.
 
Sesuai hasil koordinasi Kapolsek Jangkar Iptu Budiarto SH bersama Drh. Oki (petus karantina hewan ternak di kalbut) mengacu pada SOP untuk penempatan hewan ternak, agar penempatan hewan di geser pada lokasi Karantina di Pelabuhan Kalbut Kec. Mangaran Kab. Situbondo.

Selanjutnya agar unit Reskrim melaksanakan pemeriksaan guna mendapatkan keterangan dari pemilik hewan ternak jenis kambing kacang Jawa yang akan di karantina.

Petugas Pengamanan Pos Terpadu PMK Jangkar melaksanakan pengawalan kendaraan muatan hewan ternak menuju lokasi Karantina hewan ternak. Petugas Pengamanan Pos Terpadu PMK Jangkar dan kendaraan muatan hewan ternak jenis kambing sampai di lokasi Karantina.

Serah terima hewan ternak yang akan di karantina dari Petugas Pengamanan Pos Terpadu PMK Jangkar kepada petugas Karantina hewan ternak Kalbut dengan rincian.
Jenis hewan ternak, Kambing Kacang Jawa sebanyak 11 ekor dan 1 ekor mati dakam perjalanan dan dibawa pulang pemiliknya.

Serma Anton Iswahyudi juga jelaskan manifest muatan kendaraan dan penumpang KMP Satya Kencana tujunan Pelabuhan Sapudi Madura sebagai berikut penumpang : 82 orang golongan I, 1 unit golongan II, 22 unit golongan IV 6 unit dan golongan V, 3 unit. (Sjt/Pen) 

Posting Komentar

0 Komentar