Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Babinsa Koramil 0823/12 Suboh Bersa Satgas Kesehatan Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Hewan Ternak Sapi

SITUBONDO - Babinsa Koramil 0823/12 Suboh Serka M. Achmad bersama mantri hewan adakan sosialisasi dan pemeriksaan hewan ternak sapi untuk antisipasi penyakit mulut dan kuku/ PMK. Sabtu (11-06-2022) 

Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak Sapi dalam rangka memantau dan antisipasi serta pencegahan merebaknya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Kali ini Serka M. Achmad jelaskan pemeriksaan dilakukan pada hewan ternak milik Ibu Mursid di Dsn Dakon RT 04 RW 02 Desa Dawuan Kec. Suboh. Selain dari mantri hewan, pemeriksasn juga melibatkan Bhabinkamtibmas Polsek Suboh Bripka Nanang dan Masyarakat peternak sapi. 

Petugas memberikan pemahaman kepada pemilik hewan ternak sapi dan warga masyarakat yang memelihara hewan ternak/sapi. Ia juga sampaikan ciri - ciri hewan ternak yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) diantaranya,"Kondisi hewan mengalami demam tinggi. Muncul air liur berlebihan. Terdapat luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah. Hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat/ Hipersalifasi dan Abortus.

Sementara itu kita sering lakukan sosialisasi dikarenakan di wilayah Kecamatan Suboh tidak memiliki/tidak ada Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), namun terdapat Mantri Hewan. Dengan harapan agar pemilik hewan ternak Sapi selalu memandikan Sapi dan membersihkan kandangnya, Supaya hewan sapi peliharaanya tetap Sehat. Harus lebih jeli dan berhati hati kalau membeli hewan ternak sapi dari luar wilayah/ kota yang bergejala seperti di atas (segera hubungi mantri hewan). (Sjt/Pen) 

Posting Komentar

0 Komentar