Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Babinsa Koramil 0823/16 Sumbermalang Beri Sosialisasi Kepada Warga Pencegahan PMK Pada Hewan Ternak

SITUBONDO - Dilaksanakan Sosialisasi kepada pemilik sapi di Desa Plalangan Kec. Sumbermalang Kab. Situbondo dalam rangka antisipasi serta pencegahan merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya di wilayah Kab. Situbondo oleh Koramil 0823/16 Sumbermalang bersama Polsek Sumbermalang. Rabu (8/6/2022)

Bertempat di Kandang hewan milik Bpk M.Kurdi umur 24 tahun Kp. Jambaran Rt 11 Rw 03 Desa Plalangan Kec.Sumbermalang. Kab. Situbondo telah dilaksanakan Sosialisasi dan antisipasi pencegahan adanya penyakit mulut dan kuku PMK pada hewan ternak.

Babinsa Koramil 0823/16 Sumbermalang (Serka Juhardi) mengatakan bahwa "kegiatan ini melibatkan Babinkamtibmas Polsek Sumbermalang. (Brigadir Erik Wahyu S)", ungkapnya.

Serka Juhardi memberikan sosialisasi pengetahuan tentang ternak antara lain memberikan pemahaman kepada warga masyarakat yang memelihara hewan ternak/sapi. Ciri - ciri hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ketika kondisi hewan mengalami demam tinggi. Muncul air liur berlebihan. Terdapat serta luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah. Hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat/ Hipersalifasi dan Abortus", jelasnya.

Serka Juhardi menambahkan bahwa "diwilayah Kecamatan Sumbermalang tidak memiliki/tidak ada Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), yang ada adalah mantri hewan" kemudian, lanjut Serka Juhardi "agar pemelihara ternak Sapi selalu membersihkan / memandikan Sapi dan Kandangnya, supaya hewan Sapi peliharaanya tetap sehat dan harus Lebih jeli dan berhati-hati kalo ada sapi bergejala seperti di atas (segera Hub. Dokter atau Mantri Hewan)", Sambungnya.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah dilaksanakannya Sosialisasi kepada pemilik sapi didesa Plalangan Kec. Kec.Sumbermalang Kab. Situbondo dalam rangka antisipasi serta pencegahan merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya di wilayah Kab. Situbondo", Tutup Serka Juhardi. (Jyd/Pen) 

Posting Komentar

0 Komentar