Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Budidaya Pangan Lokal Antisipasi Krisis Dampak Covid-19 Oleh Personel Kodim 0823/Situbondo

SITUBONDO - Melaksanakan gerakan “Budidaya Pangan Lokal Antisipasi Krisis Pangan Dampak Covid-19” anggota Kodim 0823 Situbondo mengolah lahan tidur di lahan eks 514 Kotakan Kecamatan Kota Kabupaten Situbondo dijadikan lahan pertanian. Kamis (07-07-2022)

Letda Inf Agus Riyadi (Danunit Intel) mengatakan, lahan yang berada di samping barak maupun di belakang asrama hari ini sebagian sudah ditanam singkong dan sebagian masih tahap pengerjaan. Diharapkan hasilnya pun dapat membantu untuk mengatasi krisis pangan atau lonjakan harga di pasaran sebagai dampak Covid-19.

Kita tahu bersama bahwa daerah Kabupaten Situbondo masih ada pasokan dari luar daerah. Kalaupun tidak langka, pasti harga komoditas, termasuk rempah-rempah dan sayuran serta umbi-umbian cenderung akan melonjak tinggi. 

Dengan budidaya tanaman holtikultura seperti ini, setidaknya kita dapat membantu masyarakat untuk bisa menghadapi krisis pangan akibat Covid-19 ini.

Gerakan yang dilakukan oleh Kodim dan koramil melalui Babinsa, yang juga warga desa setempat. Dia mengatakan, pihaknya juga terus mengimbau seluruh warganya agar memanfaatkan lahan tidur yang kosong untuk membatu kesiapan ketahanan pangan jika terjadi kemungkinan kondisi yang paling buruk dari dampak penyebaran wabah Virus Covid-19.

Langkah Kodim ini kiranya menjadi contoh bagi warga yang lain. Selain itu, kegiatan ini juga sudah menjadi program dari Kodam V/Brw dimana seluruh satuan bawah agar bercocok tanam memanfaatan lahan tidur.

"Karena itu, mulai sekarang kita juga harus rajin berkebun, sambil berdoa agar bencana ini cepat berlalu dan kita semua menjalani kehidupan yang lebih baik." harapnya. (Sjt/Pen) 

Posting Komentar

0 Komentar