Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Kodim 0823/Situbondo Genjot Tanam Singkong Sebagai Wujud Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi

SITUBONDO - Kodim 0823 Situbondo genjot tanam singkong, sebagai contoh untuk memotivasi petani untuk menanam singkong sebagai wujud ketahanan pangan di masa pandemi virus corona atau COVID-19. Jumat (08-07-2022)

"Penanaman singkong ini bertujuan memberikan solusi dan memberi contoh di masa pandemi COVID-19 kepada warga agar dapat menambah penghasilan." kata Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, S.E. melalui Danunit Intel Letda Inf Agus Riyadi.

Ia mengatakan, luas areal penanaman singkong di lokasi tersebut mencapai 1500 meter dengan mengajak personel untuk memanfaatkan lahan tidur dijadikan lahan produktif dengan menanam singkong.

"Untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman singkong, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput penyiraman dengan waktu yang tepat." ujarnya.

Selain itu Letda Agus juga tekankan kepada anggota, "Harus memperhatikan masa pemeliharaan dengan menggemburkan tanah dan penyemprotan rumput dengan tidak terlambat sehingga pertumbuhan singkong tidak terhambat."

Menurut dia, jika proses penanaman singkong ini dilakukan dengan baik mulai dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, cara tanam, penyemprotan rumput hingga pemupukan nantinya dilakukan dengan tepat guna, maka dalam waktu enam sampai tujuh bulan telah memasuki musim panen.

"Diperkirakan panen singkong dapat mencapai hingga 30 ton dalam satu hektare. Inilah yang akan menjadi sumber penghasilan baru yang nantinya bisa di bagi kepada masyarakat. " katanya. (Sjt/Pen) 

Posting Komentar

0 Komentar