Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 di Wilayah Kodim 0823/Situbondo


SITUBONDO - Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022, bertempat di Alun-Alun Kabupaten Situbondo JL.RA.Kartini No.01 Kelurahan Dawuhan Kab. Situbondo dengan tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" bertindak selaku Inspektur upacara, Drs. H. Karna Suswandi, M.M, (Bupati Situbondo), Komandan upacara, Kapten Inf Joni Kriswanto (Danramil 0823/06 Kendit) dan Perwira upacara, Lettu Cba Suwindi ( Pasipers Kodim 0823 Situbondo) yang diikuti oleh 150 orang. Selasa (26/07/2022).

Dengan susunan pasukan upacara antara lain Pokko Kodim 0823 Situbondo 15 orang, Yonif 527/BY 38 orang, Yon Armed 8/105 Tarik 31 orang, Yonif Raider 509/9/2 Kostrad 30 orang, Tim Teknis Korem 083/Bdj 7 orang, Tim Teknis Zipur 5/Abw 5 orang, Kesehatan Korem 083/Bdj 3 orang dan anggota Bintalrem 083/Bdj sebanyak 2 orang.

Hadir dalam kegiatan diantaranya Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M, Pamen Bidang Ahli IIp Pangdam V Brawijaya, Kolonel Czi. Sukamdi, S.I.P., Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, SE., Kapolres Situbondo, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H., Hakim PN Situbondo, I Gede Karang Anggayasa, SH, MH., Kasi BB Kejaksaan Negeri Situbondo, Irvan Surya Hartadi, S.H., Sekda Situbondo, Drs. Syaifullah, M.M., Kepala Balai TN Baluran KLHK Pudjiadi, S.Sos., Pabanda Wanwil Sterdam V/Brawijaya, Mayor Inf Poniman, Kasiter Korem 083/Bdj, Mayor Czi Simon Mangampa, ST., Kasdim 0823 Situbondo, Mayor Inf Sampak, S.Ag., Kaur Tih Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya, Kapten Inf. H. Parso, Pasimen Log Puslatpur Mar 5 Baluran ,Kapten Mar Ketut, Kepala DPMD kab. Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, SH, M. Hum., Kepala Dinas Kesehatan kab. Situbondo, Dwi Herman Susilo, S. Km, M. Kes, Kepala Dinas Dukcapil kab. Situbondo, Dra. Ec. Hj. Tutik Prihandayani, M.Si., Kepala Bakesbangpol Situbondo, Sopan Efendi, S.STP.,M.Si., Kasi Pontren Kemenag Situbondo, H. Imam Turmidi, S.Ag, M.H.I., Jajaran Perwira Kodim 0823 Situbondo serta tamu undangan. 

Selaku Inspektur upacara Bupati Situbondo juga menyerahkan alat peralatan TMMD secara simbolis kepada Perwakilan pasukan TMMD.

Melalui amanat yang dibacakan oleh Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M, "Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada TNI dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat langsung maupun tidak langsung, dalam pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-114 Tahun 2022 yang akan kita laksanakan mulai saat ini.

Selama ini TNI dikenal sangat dekat dengan rakyat, menyatu dan melebur dengan masyarakat, membangun semangat nasionalisme dan menghidupkan budaya gotong royong. Ini adalah salah satu wujud pembinaan teritorial dan merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Daerah dan TNI. 

Di tengah-tengah masih belum berakhirnya wabah Covid-19 dan merebahnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Situbondo yang telah melemahkan roda perekonomian diberbagai sektor terutama di masyarakat, kami berharap semua komponen bahu membahu untuk bisa membantu kesulitan rakyat, termasuk didalamnya melalui program TNI Manunggal membangun Desa (TMMD). 

Mari kita jadikan momentum kegiatan TMMD ke-114 ini, untuk semakin meningkatkan sinergi, menggugah kesadaran kita bersama untuk selalu menghidupkan budaya gotong royong, mempererat tali persaudaraan, merajut kebersamaan dan persatuan, meningkatkan karya, inovasi dan prestasi, membangun daerah kita Kabupaten Situbondo yang kita cintai bersama ini, agar semakin aman, religius, maju, dan sejahtera.

Kegiatan TMMD difokuskan pada dua sasaran, yaitu sasaran fisik dan non fisik.

Sasaran fisik difokuskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah dan mempunyai peran sebagai pengungkit dan pendorong tumbuhnya perekonomian di desa atau daerah terpencil. 

Sedangkan sasaran nonfisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kondisi sosial kemasyarakatan, kehidupan berbangsa dan bernegara yang didalamnya mengandung hak dan kewajiban. 

Pemahaman dan kesadaran yang proporsional akan memberikan bekal dan dorongan semangat kepada masyarakat untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan kualitas hidupnya, diantaranya melalui pembangunan daerahnya menuju kehidupan sosial yang lebih maju sejahtera dan mandiri.

Kegiatan non fisik berupa penyuluhan, pembinaan dan pemberdayaan bagi masyarakat di banyak bidang antara lain meliputi Layanan Administrasi Kependudukan dan pencatatan sipil, Sosialisasi kesadaran hukum dan bela negara, Sosialisasi bahaya laten Komunis, Sosialisasi Kesehatan terutama tentang Stunting, Sosialisai Desa Tangguh Bencana (Destana), Sosialisasi dan Pelayanan KB serta Sosialisasi Pemantapan Wasbang bagi elemen Masyarakat," ucap Bupati Situbondo

Bupati Situbondo juga mengatakan bahwa pembukaan TMMD ke - 114 tahun 2022 di wilayah Kodim 0823 Situbondo dimulai sejak tanggal 26 Juli s.d 24 Agustus 2022 dengan sasaran fisik diantaranya Pembuatan jalan baru panjang 1.200 M, Lebar 5 M, Pembuatan plat duiker, 2 titik panjang 4,50 m², Lebar 1.20 M, Pekerjaan rabat beton panjang 200 M ,Lebar 3,50 M, tebal 20 cm serta Tembok penahan tanah Panjang 55 M, tinggi 4 M," pungkas Drs. H. Karna Suswandi, M.M. (Jyd/Pen) 

Posting Komentar

0 Komentar