Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Babinsa Koramil 0823/17 Banyuglugur Terus Gencarkan Sosialisasi PMK Pada Hewan Ternak Kepada Warganya

SITUBONDO - Wilayah binaan Koramil 0823-17 Banyuglugur terus gencarkan sosialisasi penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi dan kambing di Desa Lubawang Kec. Banyuglugur. Selasa (30-08-2022)

Babinsa Ds. Lubawang Sertu Anang Yudho katakan bahwa pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pemberian vitamin dan obat disinfektan pada hewan ternak bertempat di Dusun Krajan Desa Lubawang Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo.

Sertu Anang Yudho juga sebut kegiatan ini juga diikuti oleh, Kasun Krajan Desa Lubawang Bpk. Purwanto, Dinas peternakan (Drh Eko Cahyo, Wahyu Aprianthoni Amd.vet, Ahmad Heri dan Heni Nurjannah Amd.vet).

Ia juga sampaikan dari hasil kegiatan, yang pertama pelaksanaan injeksi sapi dan pemberian vitamin pada sapi sakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan target terinjeksi 60 sapi ternak
dan yang kedua sosialisasi ini diharapkan sebagai bentuk upaya pencegahan dan antisipasi kepada pemilik hewan ternak jenis sapi agar secara dini mengetahui gejala-gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Adapun ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebagai berikut kondisi hewan mengalami demam tinggi, muncul air liur berlebihan, terdapat serta luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat/ Hipersalifasi dan Abortus.

Petugas juga menggiatkan upaya dari Pemkab Situbondo saat ini, melarang hewan ternak Sapi dari luar Kabupaten masuk ke Kab. Situbondo, guna meminimalisir penyakit menular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak (Sapi) khususnya milik warga yang ada di wilayah Kab. Situbondo. (Sjt/Pen23) 

Posting Komentar

0 Komentar