Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Anggota Koramil 0823/17 Banyuglugur Gelar Pendampingan PMK Pada Hewan Ternak Sapi Milik Warga

SITUBONDO - Anggota Koramil 0823-17 Banyuglugur pendampingan penangganan penyakit mulut dan kuku (PMK) (Sapi dan Kambing) di wilayah Kecamatan Banyuglugur. Sabtu (03-09-2022)

Babinsa Desa Silobanteng Serda Budi Tarigan sampaikan kegiatan sosialisai dan himbauan tentang adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak bertempat di kandang ibu Zulaikhah 51 th alamat dsn. Krajan Rt.02 Rw.03 Ds. Silobanteng Kec. Banyuglugur.

Sosialisasi ini diharapkan sebagai bentuk upaya pencegahan dan antisipasi kepada pemilik hewan ternak jenis sapi agar secara dini mengetahui gejala-gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adapun ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Kami juga sampaikan ciri ciri hewan yang terinfeksi PMK, Kondisi hewan mengalami demam tinggi, Muncul air liur berlebihan, Terdapat serta luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, Hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat/ Hipersalifasi dan Abortus.

Petugas juga memberikan Himbauan kepada pemilik Hewan ternak apabila ada indikasi terinfeksi Penyakit Mulut dan Kaku (PMK) pada hewan ternak segera melaporkan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas atau perangkat desa setempat untuk ditangani lebih lanjut.

Selain itu pemilik sapi ibu Zulaikhah juga ungkapkan dengan adanya sosialisasi ini dan pelaksanakan pendampingan pengecekan kesehatan hewan dan sosialisasi indikasi adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak kami merasa sangat terbantu yang semula tidak tau sekarang kami jadi mengerti dan memahami.
(Sjt/Pen23) 

Posting Komentar

0 Komentar