Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Antisipasi PMK, Babinsa Koramil 0823/12 Suboh Bersama Mantri Hewan Gelar Operasi Penyekatan Kendaraan Bermuatan Hewan Ternak Sapi

SITUBONDO - Operasi penyekatan kendaraan bermuatan hewan ternak sapi yang memasukin wilayah Kab. Situbondo untuk antisipasi PMK petugas dari Koramil 0823/12 Suboh Serda Sudi Rahmad Yamin bersama Mantri Hewan melaksanakan pemeriksaan. Rabu (21/09/2022)

Serda Sudi Rahmad Yamin katakan dari hasil kegiatan pelaksanakan sweeping dan pengecekan kesehatan hewan ternak (sapi) yang melintas dijalan raya Suboh kondisi hewan ternak dalam keadaan sehat dan tidak ada indikasi adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Petugas juga melaksanakan pengecekan kelayakan dan kebersihan alat transportasi serta kesediaan pakan sehat selama perjalanan sehingga hewan tidak dalam kondisi stres.

Sosialisasi juga di lakukan dengan harapan sebagai bentuk upaya pencegahan dan antisipasi kepada pemilik serta pedagang hewan ternak jenis sapi agar secara dini mengetahui gejala-gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adapun ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) seperti, Kondisi hewan mengalami demam tinggi, Muncul air liur berlebihan, Terdapat serta luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, Hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat/ Hipersalifasi dan Abortus.

Petugas juga memberikan Himbauan kepada pemilik dan pedagang hewan ternak apabila ada indikasi terinfeksi Penyakit Mulut dan Kaku (PMK) pada hewan ternak segera melaporkan kepada Satgas pencegahan infeksi PMK atau Babinsa Koramil suboh untuk ditangani lebih lanjut.
(Sjt/Pen23) 

Posting Komentar

0 Komentar