Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Cegah PMK, Babinsa Sumberwaru Cek Kesehatan Hewan Ternak Milik Warga Binaannya

SITUBONDO - Cegah PMK Babinsa Sumberwaru cek kesehatan hewan ternak milik warga binaannya. 

Babinsa Koramil 0823/08 Banyuputih Serda M.Ihwan mengunjungi salah satu kandang ternak milik warga Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, Sabtu 10-12-2022. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut koordinator Drh Megasari kusuma, Puskeswan Banyuputih bpk Saiful Hadi, bpk Suroso, bpk Daeng, Babinsa Sumberwaru Serda M.Ihwan, Kadus Krajan bpk Samsul.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi, mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan kuku, pada kesempatan itu Serda M.Ihwan mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung pada hewan sapi.

Sosialisasi dan juga diberikan oleh petugas. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja bersama untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus ini. Sehingga, wilayah khususnya di desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih ini aman dari virus PMK.

Dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari petugas gabungan, untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah, kondisi hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK," ujar Babinsa.

Sebagai informasi, ciri ciri hewan yang terindikasi PMK ialah kondisi hewan mengalami demam tinggi muncul air liur berlebihan, terdapat luka lepuh dirongga mulut atau lidah, hewan ternak tidak mau makan nafas terlalu cepat/hipersalifasi, abortus, apabila warga menemui hewan dengan ciri ciri tersebut segera melapor ke Babinsa atau petugas Puskeswan ujar Babinsa Serda M.Ihwan
(Pen23) 

Posting Komentar

0 Komentar