Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Babinsa Duwet Dampingi Kegiatan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku Pada Sapi Warga



 SITUBONDO - Koramil 05 Panarukan pendampingan kepada  petugas Puskeswan Kec. Panarukan dalam antisipasi penyakit mulut dan kuku. Kamis (13-07-2923)


Dalam pengawasan kegiatan Vaksinasi PMK di Dusun Krajan Desa Duwet Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tersebut dihadiri oleh Dokter dari Puskeswan Kec. Panarukan, Kepala Desa Duwet Bpk Adi Candra K, Polmas Desa Duwet Aipda Doni, Babinsa Desa Duwet Serda Dwi Putranto, Staf Puskeswan Kec. Panarukan dan Staf Desa Duwet.


Babinsa Desa Duwet Serda Dwi Putranto jelaskan bahwa kegiatan berlokasi di Kadang sapi atau kambing milik warga di Dusun Krajan Desa Duwet, dengan target hewan ternak 19 ekor.


Adapun kegiatan yang di laksanakan antara lain, melaksanakan himbauan tentang penyakit mulut dan kuku (PMK). Penyemprotan Disinfektan di sekitar kandang sebelum di lakukan vaksinasi pada hewan ternak sapi atau kambing.


Petugas dari Puskeswan Kec. Panarukan melaksanakan kegiatan penyuntikan vaksinasi dan memberikan obat kepada hewan ternak yang terinfeksi, dan juga memberikan vaksinasi guna meningkatkan kekebalan tubuh hewan terhadap penyakit PMK.

Bagi hewan yang sudah di suntik vaksin di beri tanda supaya tahu hewan ternak sudah di lakukan vaksinasi PMK.


Petugas kesehatan dari Puskeswan memberikan pengertian apa bila setelah di vaksin kondisi ternaknya mengalami perubahan atau suhu badan naik, supaya memberitahukan ke petugas supaya petugas bisa melakukan pengecekan kondisi hewan ternak yang sudah di vaksin.


Hari ini hasil yang di capai oleh petugas dari Puskeswan melaksanakan penyuntikan vaksinasi PMK guna memberikan  kekebalan tubuh pada hewan ternak supaya tidak mudah terserang penyakit PMK dan juga memberikan obat pada hewan yang terinfeksi penyakit PMK. 


Dengan harapan masyarakat tetap wapada pada kejala ternak yang mengalami penyakit dan segera melaporkan kepada petugas kesehatan di Puskeswan Panarukan.

Supaya tetap menjaga kebersihan kandang hewan ternak dan memberi makan sesuai anjuran dari petugas Kesehatan hewan.

Posting Komentar

0 Komentar