Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Karya Bakti Semester II Ta 2023 Kodim 0823/Situbondo Di Desa Klatakan

Karya Bakti Semester II Ta 2023 Kodim 0823/Situbondo Di Desa Klatakan 
Mengingat fungsinya yang begitu penting, Koramil 06/Kendit, bersama warga melaksanakan karya bakti pembuatan plengsengan atau dinding penahan tanah didesa Klatakan Kec. Kendit Kabupaten Situbondo, ini merupakan salah satu konstruksi yang mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. 

Plengsengan merupakan dinding penahan tanah yang terbuat dari beton atau batu kali yang diperkuat campuran semen pasir dan air. Plengsengan atau talud berfungsi untuk menahan gaya tekanan dari air dan tanah, sehingga memperbesar tingkat kestabilan tanah. Karena fungsinya ini, talud penahan tanah umumnya dibangun di daerah yang kondisi tanah yang tidak stabil.
Plengsengan yang di buat ini karena untuk menghindari terjadinya banjir tahunan di musim penghujan. Babinsa berharap dengan campuran berbagai bahan, seperti pasangan batu kali yang diperkuat campuran semen pasir dan air, diharapkan talud dapat menahan beban berat air dan tanah. Setelah plengsengan ini selesai di bangun, kami berharap dapat berfungsi optimal, sehingga mampu menahan tanggul sungai dengan aliran yang cukup deras.

Babinsa berpesan kepada masyarakat agar merawat dan membersihkan saluran air agar tidak ada sumbatan endapan lumpur atau tanah maupun sampah, karena dapat menghambat laju air yang akan memicu terjadinya banjir.

Posting Komentar

0 Komentar