Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Menuju Desa Tangguh, Babinsa Koramil 0823/01 Kota, Hadiri Penutupan Pelatihan Destana Tahun 2024

Menuju Desa Tangguh, Babinsa Koramil 0823/01 Kota, Hadiri Penutupan Pelatihan Destana Tahun 2024

SITUBONDO - Babinsa Koramil 0823/01 Kota Serda Rico menghadiri acara penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Desa Tangguh Bencana (Destana) yang digelar di Balai Desa Talkandang, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan desa dalam menghadapi potensi bencana. Sabtu 13/07/2024

Acara penutupan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk tim dari BPBD Provinsi Jatim, Babinkamtibmas Polsek Kota, Sekretaris Desa Talkandang, mahasiswa KKN dari Universitas Jember (Unej), serta 30 peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Serda Rico menjelaskan bahwa Desa Tangguh Bencana adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana. "Desa Tangguh Bencana juga mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana yang terjadi," jelasnya.

Lebih lanjut, Serda Rico menambahkan bahwa sebuah desa dikatakan tangguh terhadap bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakatnya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Sebagai Babinsa di wilayah Desa Talkandang, Serda Rico berharap pelatihan peningkatan kapasitas Desa Tangguh Bencana (Destana) ini dapat membuat Desa Talkandang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana. "Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Desa Talkandang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana," pungkasnya.
Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi warga Desa Talkandang dalam menghadapi dan mengatasi situasi darurat akibat bencana, serta meningkatkan kesiapsiagaan dan ketangguhan desa dalam menghadapi bencana di masa mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar