Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Hari Perhubungan Nasional, Danramil 0823/09 Jangkar Menghadiri Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

 Hari Perhubungan Nasional, Danramil 0823/09 Jangkar Menghadiri Sosialisasi Keselamatan Pelayaran




SITUBONDO- Danramil 0823/09 Jangkar Kapten Inf M. Waluyo, menghadiri Sosialisasi Keselamatan Pelayaran yang digelar dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional. Acara tersebut berlangsung di Kantor Syahbandar wilayah kerja Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, dan turut dihadiri oleh sejumlah pejabat Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo serta beberapa pejabat lainnya. Rabu 18/09/2024


Dalam kesempatan tersebut, Kapten Inf M. Waluyo menekankan pentingnya keselamatan dalam bekerja di laut, terutama bagi para nelayan yang kesehariannya bergelut dengan bahaya di perairan. Selain itu, turut dibagikan Life Jacket dan Pas Kecil kepada para nelayan Jangkar sebagai bagian dari upaya meningkatkan keselamatan mereka saat berada di laut.


Sosialisasi juga mencakup penjelasan mengenai prosedur pengurusan Pas Kecil yang berfungsi sebagai identitas kapal serta persyaratan untuk mendapatkan BBM bersubsidi bagi nelayan dengan kapal di bawah 8 GT. Nelayan diajak untuk lebih memperhatikan pentingnya penggunaan alat keselamatan di atas kapal atau perahu guna meminimalisir risiko korban saat terjadi kecelakaan di laut.


Lebih lanjut, dalam sosialisasi tersebut disampaikan pula pentingnya melengkapi alat keselamatan di setiap kapal, seperti Life Jacket dan Ring Buoy. Langkah ini diharapkan dapat mencegah terjadinya korban jiwa jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di laut. Nelayan juga dihimbau untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca sebelum memutuskan melaut, sebagai salah satu upaya pencegahan kecelakaan.


Selain soal keselamatan, perhatian juga diberikan pada potensi konflik yang mungkin terjadi di wilayah Situbondo. Para nelayan diminta untuk melaporkan setiap konflik yang ditemukan di wilayah perairan kepada pihak berwenang agar dapat segera ditangani. Di akhir acara, disampaikan himbauan kepada para nelayan agar segera mengurus surat-surat dan dokumen kapal yang diperlukan serta menyampaikan informasi ini kepada nelayan lainnya.



Dalam acara ini, KSOP Kelas IV Panarukan membagikan Life Jacket, Ring Buoy, dan Pas Kecil kepada para nelayan sebagai bentuk dukungan terhadap keselamatan mereka saat beraktivitas di laut. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran nelayan akan pentingnya keselamatan di laut serta kepatuhan terhadap aturan pelayaran.

Posting Komentar

0 Komentar