Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Ws Danramil 0823/14 Jatibanteng Hadiri Evaluasi ODF dan IVA Sadanis di Lokakarya Lintas Sektoral

 Ws Danramil 0823/14 Jatibanteng Hadiri Evaluasi ODF dan IVA Sadanis di Lokakarya Lintas Sektoral




SITUBONDO - Dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Koramil 0823/14 Jatibanteng turut serta menghadiri Mini Lokakarya Lintas Sektoral yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Puskesmas Jatibanteng, Desa Jatibanteng, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo. Rabu 18/09/2024


Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Ws Danramil 0823/14 Jatibanteng Serma Samsul Arifin. Lokakarya ini mengusung dua fokus utama, yaitu evaluasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), serta pemaparan hasil deteksi dini IVA Sadanis (Inspeksi Visual Asam Asetat).


Kegiatan lintas sektoral ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program ODF di wilayah Kecamatan Jatibanteng dan mencari langkah-langkah strategis untuk menurunkan angka praktik buang air besar sembarangan di masyarakat. Evaluasi ini menjadi sangat penting dalam mendukung upaya menjaga lingkungan bersih dan kesehatan masyarakat yang lebih baik.


Selain itu, lokakarya ini juga membahas hasil pemeriksaan IVA Sadanis, sebuah program deteksi dini kanker serviks yang diadakan di Kecamatan Jatibanteng. Pemaparan hasil tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama kaum perempuan, akan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mencegah penyakit berbahaya.


Dalam sambutannya, Serma Samsul Arifin menyampaikan pentingnya sinergi antar lembaga dan sektor dalam mewujudkan program ODF dan IVA Sadanis. "Kolaborasi ini diharapkan dapat membangun kesadaran dan komitmen masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, serta menurunkan angka ODF di wilayah kita," ujarnya.



Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya pola hidup bersih dan sehat, serta secara aktif berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar